Jumat, 04 Maret 2016

Sedikit Tentang Keju

Siapa sih yang gak tau keju?

Makanan yang di duga berasal dari Yunani dan Romawi ini kini sudah sangat terkenal di seluruh dunia, bila menelusuri beberapa bacaan yang ada, ada sekitar 400 jenis keju yang sudah  beredar di dunia. 

Produksi keju pertam kali tentunya bukan di Indonesia, ehehe, di percaya bahwa orang-orang Yunani kuno lah yang memproduksinya pertama kali. Saat itu  pola hidup masyarakat Yunani kuno berubah dari nomaden (berpindah-pindah) ke pola menetap di suatu tempat. Menetapnya mereka ini, membuat mereka berternak domba dan kambing sehingga mereka memiliki banyak simpanan susu yang kemudian memancing kreatifitas mereka untuk mengolah dan memanfaatkannya dalam bentuk dan penyimpanan yang lebih lama.

Proses pembuatan keju sampai hari ini terus menajadi tema penelitian dan di kembangkan guna mendapatkan keju terbaik. Proses nya di jaman dahulu tentunya berbeda dengan jaman sekarang. Bila di tinjau dari sejarah, ternyata mikroorganisme, baru diketahui sebagai alat bantu dalam proses pengolahan susu menjadi keju pada abad ke 19, berarti baru-baru ini lah ya,,,#eh

Dari 400 jenis keju yang beredar di dunia, saya hanya benar-benar kenal dan akan mencerita kan 3 jenis keju yang common di Indoneisa.

  • Keju Mozzarela 
Keju satu ini merupakan keju favoit saya. selain rasanya yang berbeda, bentuk dan tampilannya pun berbeda dari jenis lainnya. Keju mozzarella berwarna lebih terang/pucat ( lebih ke warna putih), lebih cenderung terlihat seperti rubber. Bentuknya yang meleleh bila di panaskan membuat makanan yang di kombinasikan dengan keju ini jadi terlihat lebih menggugah selera. 

Keju mozarella sendiri biasa digunakan sebagai campuran makanan-makanan yang butuh proses baking ( panggang), seperti keju di tepi dan topping pizza, pasta tutup, atau di sccotel makaroni.
Keju Mozzarela
  • Keju Cheddar
Keju yang paling umum di temukan pada varian makanan Indonesia adalah keju jenis ini, karena packagingnya yang siap pakai untuk beberapa makanan. Tau kah kamu, namanya sendiri dari berasal dari nama tempat dia pertama kali di buat yaitu daerah cheddar di Inggris.


Warna keju ini, lebih kuning dari keju mozzarela, namun dia  meleleh jika dipanaskan, texturenya akan semakin lembut namun  gurih. Rasanya tentu saja masih dalam kisaran rasa asin ..hehee, biasanya juga keju ini juga di gabungkan langsung dengan makanan yang ingin di konsumsi tanpa proses pemasakan terlebih cahulu, misal buat sarapan dengan roti tawar, atau langsung pada burger dan sandwich.

Keju Cheddar

  • Keju Parmesan
Kalau keju yang satu ini,bentuknya biasanya sudah di jual  dalam bentuk parutan. Tetapi, dia lebih keras dan beraroma khas lagi di banding dengan keju cheddar. Biasa di gunakan sebagai kombinasi topping pizza di campur dengan mozzarela atau sama dengan pada kue kue kering. Proses pembuatannya katanya lebih lama dari proses pembuatan keju-keju yang lain. Keju ini asalnya ternyata dari negara  Spaghetti , yaitu Italia.

Keju Parmesan

Setelah tau dan kenal sedikit tentang jenis keju. Tentunya kita tau bahwa makanan enak ini adalah olahan susu yang sudah mendunia dan bahkan menjadi pelengkap banyak makanan negara lain yang dulunya tidak mengenal keju sekalipun seperti negara kita dan negara Asia lainya. 

Pengolahan keju sendiri bisa berasal dari susu beberapa hewan, yaitu suu sapi, susu kambing , domba bahkan susu unta. Prosesnya seperti yang tadi kita bahas yaitu dengan menggunakan bantuan mikroorganisme atau enzim yang akan memberikan efek dalam pembekuan. yang perlu di cermati  dari enzim yang di gunakan adalah enzim tersebut bisa di ambil dari hewan-hewan lainya yang bisa jadi susunya tidak digunakan untuk pembuatan keju. 

Enzim yang sering digunakan pada pengolahan susu menjadi keju adalah enzim renin (chemosin) yang diambil dari abomasum anak sapi. serta pada pengolahan lain juga menggunakan enzim rennet yaitu enzim yang di kembangkan di dalam lambung babi. 

jadi penting sekali kiranya, label halal dan kepastian pengolahan keju yang kita suka ini untuk di ketahui proses pembuatannya, agar apa yang kita makan menjadi halalan Toyiban.
Wallahualam

" Thalabul halal fariidhatun ba'dal faridhah"
Mencari yang halal adalah kewajiban setelah kewajiban ibadah yang lain





Taichung,  Maret 2016
Sumber : Wikipedia, superindo.co.id dan Pojok Halal( Ust. Nanung Danar Dono)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar